MENU

Tempat Wisata di Ungaran, Kab. Semarang

Ungaran merupakan salah satu kota kecil nan asri dan sejuk yang terletak di kaki gunung Ungaran, Semarang, provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Kota Ungaran adalah ibu kota Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Kota ini terletak tepat di sebelah selatan Kota Semarang. Wilayah perkotaan Ungaran meliputi kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur. Sebagian wilayah Kota, merupakan daerah padat penduduk.

Kota Ungaran memiliki peninggalan berupa gedung-gedung. Misalnya Gedung Kuning dan Benteng Diponegoro. Selain itu di kota ini juga terdapat makam Gatot Soebroto yang terletak di Kelurahan Sidomulyo, Ungaran Timur.

Sebagai salah satu daerah dengan banyak tujuan wisata, Ungaran menjadi pilihan yang cocok untuk melarikan diri dari kepenatan di kota besar dan menenangkan diri atau untuk sekedar refreshing di beberapa objek wisata apa saja yang ada disana.

Dan berikut ini adalah daftar tempat wisata di Ungaran yang beragam, mulai dari objek wisata alam, tempat rekreasi keluarga hingga wisata sejarah yg menarik untuk dikunjungi.

  1. Wisata Watu Gunung

Lerep merupakan salah satu desa di sekitar Ungaran bagian barat yang terkenal dengan objek Wisata Watu Gunung. Spot ini sebenarnya adalah destinasi buatan namun memiliki nuansa asli pegunungan.

Terdapat bangunan adat khas Jawa Tengah yakni rumah Joglo dengan arsitektur artistik dan klasik yang menempel kental pada objek tersebut.

Selain itu terdapat juga taman asri yang memiliki pepohonan rimbun dan di dalamnya tersedia kolam ikan yang bisa digunakan untuk memancing sekaligus refreshing.
Di sekitar taman tersaji gazebo dan saung-saung guna sebagai tempat istirahat para pengunjung sembari menikmati pemandangan indah yang memanjakan mata.

  1. Air Terjun Semirang

Di sekitar kawasan Kaki Gunung Ungaran pun terdapat berbagai objek menarik yg sangat sayang untuk dilewatkan, salah satu contohnya adalah Air Terjun Semirang yg terletak di bagian sebelah barat.

Curug Semirang ini juga memiliki ketinggian sekitar 45 meter dengan debit air terjun yang cukup deras sehingga wisatawan yang berkunjung kesana diharapkan hati-hati.

Perjalanan menuju lokasi air terjun ini terbilang terjal dan mendaki, namun sebanding dengan apa yang akan dilewati karena pemandangan asri lereng Gunung Ungaran tersebut sangat memanjakan mata pengunjung.

  1. Wana Wisata Penggaron

Wana Wisata Penggaron merupakan sebuah hutan rimbun yang teduh, asri, dan sejuk. Banyak dari pengunjung yang datang kesini untuk sekedar menikmati pemandangan hutannya ataupun buat berkemah.

Selain itu, di hutan wisata ini juga terdapat berbagai spesies tanaman dan pohon, begitu pun dengan fauna yang ada di dalamnya, kebanyakan dari jenis hewan tersebut adalah unggas.
Wisatawan dapat menuju tempat perkemahan di tengah padang rumput yang terkadang digunakan untuk bermain golf. Selain bumi perkemahan, terdapat juga tempat layaknya taman bermain anak seperti outbound, flying fox dan sebagainya.

  1. Kolam Renang Tirto Argo Siwarak

Kolam Renang Tirto Argo Siwarak tidak hanya menjadi tempat tujuan wisata namun banyak juga warga sekitar bahkan anak sekolahan yang datang untuk latihan renang disini.

Tidak heran karena selain kolam renang dengan wahana bermain, tersedia juga kolam renang khusus untuk latihan berenang di segala kalangan usia.

Wisatawan akan merasa betah berlama-lama bermain di kolam renang ini karena suasana sekitarnya cukup teduh dipenuhi dengan pepohonan cemara dan pinus yang rimbun.

  1. Curug Lawe

Curug Lawe adalah salah satu tempat wisata alam unik yang terletak di kaki Gunung Ungaran lantaran air terjun tersebut berada tepat di tengah-tengah cekungan.

Lebih uniknya lagi, jumlah kunjungan objek ini sangat terbatas. Per harinya itu hanya menerima 200 pengunjung saja, jika sudah lebih maka akan ditutup sementara.

Untuk menuju Curug Lawe ini perjalanannya cukup menantang karena medannya berupa lereng menanjak. Namun pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan yang rimbun dan persawahan hijau.

  1. Curug Benowo

Masih berada di kawasan kaki Gunung Ungaran, Curug Benowo terletak tidak terlalu jauh dari Curug Lewu sebelumnya, beralamat di Desa Kalisidi. Air terjun ini juga terbilang masih alami dan asri karena belum terlalu banyak tersentuh tangan manusia.

Curug ini letaknya sangat tersembunyi dan memiliki medan jalanan yang cukup sulit untuk ditempuh. Hutan yang rimbun disertai dengan areal persawahan dan perkebunan akan menjadi hal yang sering ditemui oleh para pengunjung.

  1. Bukit Lerep Indah

Bukit Lerep Indah adalah sebuah nama tempat wisata air unik yg sumber airnya bukanlah air tanah atau PAM, melainkan asli dari pegunungan di sekitar lereng Gunung Ungaran sehingga terasa sangat alami, segar, dan sejuk.

Terdapat tiga kolam renang utama dengan ukuran kedalaman beragam yang disesuaikan dengan usia beberapa pengunjung. Tidak perlu khawatir kelaparan karena disini juga disediakan tempat makan yang menyajikan berbagai kuliner khas Jawa Tengah.

  1. Kampung Seni Lerep

Mengunjungi desa wisata alam memang terbilang sudah biasa, namun bagaimana dengan Kampung Seni yang berada di Desa Lerep ini?

Kampung Seni Lerep merupakan sebuah desa artistik karya dari salah satu seniman dalam negeri yang memiliki nilai kesenian cukup tinggi dari mulai bangunan hingga tanamannya.

Handoko, yang merealisasikan perkampungan seni ini memiliki bakat dalam bidang seni kontemporer dan modern. Banyak hal berseni yang bisa didapatkan di desa wisata Kampung Seni Lerep tersebut.

  1. The Fountain Waterpark

The Fountain Waterpark menyajikan wisata air yang cukup lengkap seperti kolam renang air panas, seluncuran, kolam arus, dan lain sebagainya.

Layaknya sebuah waterpark kolam renang utama yang ada disini terbagi menjadi empat jenis dimana ketinggiannya dibedakan untuk beberapa kalangan usia tertentu.

Selain waterpark terdapat juga tempat makan bertaraf restoran modern yang menyajikan berbagai menu makanan kuliner khas Jawa Tengah. Untuk wahana bermain di luar pun tersedia seperti outbound, flying fox , taman bermain anak-anak dan masih banyak lagi.

  1. Taman Serasi ( Taman Unyil )

Dahulu spot tersebut bernama Taman Unyil. Dan ini merupakan salah satu alternatif wisata taman murah meriah yang dapat dijadikan tempat rekreasi keluarga.

Tersedia beberapa fasilitas taman bermain yang bisa digunakan oleh anak-anak seperti tempat bermain pasir, ayunan, patung hewan, dan lain sebagainya.

Yang membuatnya semakin menarik adalah adanya pedagang makanan atau camilan khas Jawa Tengah yang diperbolehkan memasuki taman, sehingga bagi wisatawan yang ingin mengisi perut dan berwisata kuliner tidak perlu pergi jauh-jauh.

  1. Cimory On The Valley

Cimory On The Valley adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang menyatukan konsep wisata edukasi dan wisata alam dalam satu kawasan.

Selain itu karena di dalamnya terdapat sebuah pabrik pengolahan susu sapi yang terkenal dengan produk-produk yogurt-nya, maka selain menikmati keseruan berwisata, Anda juga bisa mencoba berbagai macam rasa yogurt dan hasil olahan susu lainnya di tempat ini.

Cimory Semarang sebenarnya lebih tepat untuk tujuan rekreasi anak-anak. Karena itulah, lokasi wisata yang ada di daerah Ungaran – Bawen, Semarang ini biasanya akan sangat ramai saat musim libur sekolah tiba.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp