MENU

Tempat Wisata Bersejarah di Ambarawa

Ambarawa adalah sebuah kota kecamatan yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan ini menyimpan sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan.

Terletak di jalur utama Semarang-Magelang, Ambarawa mungkin hanya sebuah kota kecil yang terselip di antara keduanya. Namun, kota ini menyimpan banyak sekali spot wisata menawan yang nggak boleh kamu lewatkan.

Terlebih, kota ini menjadi saksi sejarah Pertempuran Ambarawa yang pecah pada 20 November 1945. Saat itu, rakyat Indonesia berusaha membasmi tentara Sekutu yang datang dan membuat kekacauan di Magelang dan Ambarawa.

Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Ambarawa, Jangan khawatir akan keindahannya, di daerah ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk anda kunjungi mulai dari situs bersejarah hingga spot foto yang kekinian.

Nah, sebagai referensi kamu, Jericho Transport sudah menyiapkan tempat destinasi wisata seru di Kota Ambarawa Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi. Simak, yuk!

  1. MUSEUM KERETA API AMBARAWA

Bisa dibilang, museum yang satu ini menjadi bagian terpenting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia. Letaknya di kota Ambarawa yang sejuk membuat museum ini banyak dikunjungi para pelancong yang kebetulan singgah dari perjalanan Yogyakarta-Semarang atau Semarang-Solo. Soal koleksi, Museum Kereta Api Ambarawa memiliki 22 buah lokomotif uap beserta rangkaian gerbong tua yang terbuat dari kayu. Belum puas? Kamu juga bisa menikmati wisata kereta dari Stasiun Ambarawa-Bendono, Ambarawa Railway Mountain Tour dengan kereta uap dan hamparan pemandangan alam yang mengagumkan.

  1. MUSEUM PALAGAN AMBARAWA

Dibangun pada tahun 1973. Museum tersebut di bangun karena bentuk apresiasi terhadap pertempuran besar yang terjadi di ambarawa pada tahun 1945 dan tepatnya padaatanggal 12 hingga 15 desember.
Di sini merupakan lokasi terjadinya peperangan atau pertempuran dahsyat ketika melawan Jepang yang berlangsung pada tahun 1945. Di Museum ini dapat kita jumpai beraneka ragam koleksi benda sejarah yang berhubungan dengan pertempuran pada tanggal 12 hingga 15 desember dengan jepang seperti seragam tentara, peralatan perang dan sebagainya.

  1. BENTENG FORT WILLEM
Kamp Pengasingan, Benteng Pendem Ambarawa

Berada di belakang Rumah Sakit Umum Daerah Ambarawa, Fort Willem I merupakan tempat bersejarah bekas penampungan personel tentara Belanda atau KNIL. Dibangun selama 11 tahun, benteng yang berdiri pada 1845 menawarkan sudut-sudut yang terkesan kuno dan angker. Arsitektur gedung-gedung klasik ala Belanda menjadi menu yang ditawarkan Fort Willem I. Terasa menarik karena Fort Willem I menjadi pertahanan terakhir tentara Sekutu sebelum digempur oleh Tentara Keamanan Rakyat pada Pertempuran Ambarawa yang pecah di tahun 1945. Bangunan bersejarah yang sempat menjadi lokasi syuting film Soekarno ini bisa jadi spot menarik berburu foto klasik.

  1. DANAU RAWA PENING

Terhampar 2.670 hektar, Rawa Pening merupakan danau alam. Letaknya pun di cekungan terendah tiga gunung, Merbabu, Telomoyo dan Ungaran yang sudah nggak aktif. Danau ini pun menjadi hulu bagi Sungai Tuntang yang mengalir menuju kota Demak. Kata Pening sendiri merefleksikan kualitas air di danau ini yang sangat jernih. Sehingga, kamu nggak perlu khawatir untuk sekedar membasuh tubuh dengan air dari Rawa Pening ini. Saking beningnya, danau ini menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan air tawar. Ikan-ikan tersebut sangat senang hidup di Rawa Pening karena keberadaan enceng gondok yang memayungi mereka dari teriknya sinar matahari. Nah, hal yang paling menarik dari Rawa Pening adalah momen sunset. Atmosfer sendu tersaji hangat kala matahari mengubah warna langit menjadi jingga, dengan suasana yang sangat tenang.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp